7 Perbaikan untuk Outlook Tidak Mencetak Email dan Lampiran di Windows

TechMirror98

7 Perbaikan untuk Outlook Tidak Mencetak Email dan Lampiran di Windows



TechMirror98.blogspot.com _ Versi terbaru dari Microsoft Outlook, seperti Outlook 365, menawarkan fitur praktis seperti Quick Print untuk menyederhanakan pencetakan email dan lampiran. Namun, kamu mungkin pernah mengalami masalah ketika aplikasi Outlook tidak dapat mencetak email atau lampiran. Baik kamu mendapatkan cetakan kosong, cetakan sebagian, atau tidak dapat mencetak sama sekalipun, panduan ini akan memandu kamu melalui beberapa tips berguna agar Microsoft Outlook dapat bekerja sama dengan printermu di Windows.

1. Periksa Printer Default

Jika printermu tidak tersedia, Microsoft Outlook mungkin mengalami kesulitan mencetak email dan lampiran kamu. Oleh karena itu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa set printer default pada PC Windows kamu.


1. Tekan pintasan keyboard Windows + I untuk membuka aplikasi Pengaturan. Arahkan ke tab Bluetooth & perangkat dan klik Printer & pemindai.

2. Pilih perangkat pilihan kamu dari daftar.

3. Klik opsi Tetapkan sebagai default.

Coba cetak lagi dari Outlook dan lihat apakah berhasil.

2. Buka Outlook dalam Safe Mode dan Nonaktifkan Add-In

Saat Anda membuka Outlook dalam mode aman, Outlook berjalan tanpa add-in atau pengaturan toolbar kustom apapun. Melakukannya dapat membantu kamu menentukan apakah salah satu add-in kamu menyebabkan masalah pencetakan di Microsoft Outlook.

Tekan tombol CTRL lalu klik dua kali pintasan Outlook. Setelah itu Outlook akan terbuka dalam mode aman, coba cetak email atau lampirannya. Jika kamu tidak mengalami masalah apapun, salah satu add-in mungkin menyebabkan masalah tersebut. Kamu dapat mencoba menonaktifkan semua add-in lalu mengaktifkannya kembali satu per satu untuk menemukan penyebab masalahnya.

1. Di Outlook, klik menu File di bagian atas.

2. Klik Opsi di panel kiri.

3. Beralih ke tab Add-in dan gunakan menu drop-down di sebelah Kelola untuk memilih COM Add-in. Kemudian, klik tombol Pergi

4. Hapus centang pada kotak untuk menonaktifkan add-in dan klik OK.

Mulai ulang Outlook dan aktifkan kembali add-in kamu satu per satu. Cetak email atau lampiran setelah mengaktifkan setiap add-in hingga masalah terjadi lagi. Setelah kamu menemukan add-in yang bermasalah, pertimbangkan untuk menghapusnya.

3. Ganti nama File Outlprnt

Microsoft Outlook menyimpan semua konfigurasi pencetakan pilihan kamu untuk email, kontak, dan kalender di file Outlprnt. Jika file ini rusak atau tidak dapat diakses, kamu tidak akan dapat mencetak email atau lampiran Outlook dan akan mengalami kesalahan “Tidak dapat mencetak kecuali item dipilih” di Windows.

Di sebagian pengguna di postingan Komunitas Microsoft mengadukan perbaikan masalah khusus ini cukup dengan mengganti nama file Outlprnt. Kamu juga bisa mencobanya.


1. Tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak dialog Run. Ketik %appdata%\Microsoft\Outlook di dalam kotak dan tekan Enter.

2. Cari file Outlprnt dan klik ikon ganti nama di bagian atas. Rubah nama file dengan Outlprnt.old atau sejenisnya.

Mulai ulang Outlook setelah ini, dan file Outlprnt akan dibuat lagi. Setelah itu, Anda tidak akan mengalami masalah pencetakan apapun.

4. Jalankan Pemecah Masalah Printer

Windows 10 dan 11 menawarkan beberapa pemecah masalah untuk memperbaiki masalah umum pada PC kamu. Dalam hal ini, kamu dapat menjalankan pemecah masalah printer. Hal ini bisa memungkinkan Windows untuk mendiagnosis sistem diarea masalah pencetakan umum otomatis langsung memperbaikinya.

1. Tekan tombol Windows + pintasan keyboard S untuk membuka menu pencarian. Ketik pengaturan pemecahan masalah di dalam kotak dan tekan Enter.

2. Pilih Pemecah masalah lainnya.

3. Klik tombol Jalankan di sebelah Printer. Dibagian sana, ikuti instruksi di layar untuk merampungkan pemecah masalah.

5. Perbarui Pengandar Pencetak

Jika kamu masih tidak dapat mencetak email dan lampiran dari Microsoft Outlook, mungkin ada masalah dengan driver printer di PC kamu. Kamu dapat mencoba memperbarui driver printer untuk melihat apakah tindakan tersebut menyelesaikan masalah.

1. Klik kanan pada ikon Mulai dan pilih Pengelola Perangkat.

2. Klik dua kali pada antrian Cetak untuk meluaskannya. Klik kanan pada printer kamu dan pilih Perbarui driver.

Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan pembaruan driver dan periksa apakah itu menyelesaikan masalah.

6. Ubah File Registri

Apakah kamu mengalami masalah saat mencetak email dengan lampiran PDF menggunakan fitur Quick Print Outlook? Hal ini dapat terjadi karena adanya konflik antara aplikasi penampil PDF kamu, seperti Adobe Acrobat Reader, dan Outlook.

Untuk menyiasatinya, kamu dapat mencoba menggunakan solusi yang disarankan Microsoft. Karena proses ini melibatkan modifikasi file registri, sebaiknya buat cadangan semua file registri sebelum melanjutkan. 


1. Tekan tombol Windows + S untuk membuka menu pencarian. Ketik editor registri di dalam kotak dan tekan Enter.

2. Tempel jalur berikut di bilah alamat di bagian atas dan tekan Enter.

Komputer\HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\16.0\Outlook\Options

3. Klik kanan pada tombol Opsi dan pilih Baru > Kunci. Beri nama Lampiran.

4. Klik kanan pada Lampiran dan pilih Baru > Nilai DWORD32 (32-Bit) dan beri nama FileTrackIdle.

5. Klik dua kali FileTrackIdle dan masukkan 15000 di kolom Value data. Lalu, klik oke.

Nyalakan kembali PC kamu setelah ini dan periksa apakah masalahnya masih ada.

7. Coba Metode Alternatif

Jika Microsoft Outlook masih menolak untuk mencetak email atau lampiran, kamu dapat beralih sementara ke versi web atau aplikasi seluler Outlook untuk mencetak email kamu. Alternatifnya, kamu juga dapat mengunduh lampiran Outlook atau mengambil tangkapan layar email kamu lalu mencetaknya.

Cetak dengan Lancar 

Mencetak email dan lampiran kamu memiliki berbagai tujuan, mulai dari pencatatan hingga sekadar memiliki salinan cetak sebagai referensi. Mudah-mudahan, menerapkan tips di atas telah membantumu mengakhiri masalah pencetakan Outlook kamu, dan kamu merasa tenang.

Tags